The Amazing Canada


Kanada, secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara di Amerika Utara. Kanada merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional.  Negara terluas di Amerika Utara dan terluas kedua di dunia ini mendapat urutan 9 dalam Top Tourist Destination in The World dengan 17.636.000 wisatawan pada 2009 berdasarkan Badan Statistik PBB (Singapura urutan 18 dan Indonesia urutan 23).

Hal ini karena Kanada memiliki keragaman geografis mulai dari wisata alam, budaya hingga hiburan. Alamnya yang indah termasuk alam liar yang relatif tak berpenduduk, dan pemandangan alam yang spekatakuler, kemajuan teknologi dan infrasturktur hingga penduduknya yang multikultural menjadikan Kanada sebuah penjelajahan wisata yang menakjubkan.

Tujuan Wisata

Banff National Park.   Alberta memang menawan, selain terdapat Mall West Edmonton –mall terbesar di seluruh dunia-, ada pula taman nasional yang mampu memukau siapa saja yang ke sana. Tempat ini menjadi tujuan wisatawan paling top di Kanada. Di lembah dan guanya terdapat sumber air panas. Ketika pertama kali menginjakkan kaki ke kawasan taman nasional ini kita disajikan pemandangan sungai es, danau, dan pegunungan.

Parc National Forillion. Terletak di Quebec di Pegunungan Appalachian, hutan yang subur dengan satwa liar dan pemandangan dekat pantai yang indah. Hal ini membuat para wisatawan begitu tertarik untuk bertandang ke mari dari seluruh America Utara. Di sini kita bisa menikmati lintas alam, bersepeda, kayaking dan hiking.

Jasper National Park. Taman nasional yang terletak di Provinsi Alberta ini merupakan salah satu yang termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO atau UNESCO World Heritage Site. Tempat ini adalah yang terbesar di antara Canadian Rocky Mountains Park, dengan luas lebih dari 10.000 km2.

Cape Breton Highlands National Park. Tempat ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Di sini terdapat banyak pegunungan hijau dan pemandangan dekat pantai yang memukau dengan ditumbuhi bunga anggrek langka.

Pacific Rim National Park. Taman nasional ini terbentang sepanjang 10 mil di garis pantai British Columbia. Pengalaman surfing di sini akan menjadi sangat menyenangkan berkat ombaknya yang sangat mendukung untuk kegiatan tersebut. Taman nasional ini juga merupakan habitat alami berbagai spesies burung. Di sini Anda juga akan mendapatkan pengalaman unik berupa penjelajahan hutan, penjelajahan pantai, dan memancing.

Bosan dengan taman nasional? Tak perlu khawatir, meskipun Kanada memiliki banyak taman nasional yang tersebar di seluruh penjuru, masih ada tempat wisata kota lainnya yang tak kalah menarik.

Niagara Falls. Anda pernah mendengar nama Air Terjun Niagara? Ya, salah satu keajaiban alam dunia ini terletak di Kanada. Air terjun ini terbentuk ketika gletser dari zaman es terakhir surut.

Vancouver dan Victoria. Kota metropolitan terbesar di barat Kanada adalah Vancouver yang berada di Provinsi British Columbia. Kota ini mendapat peringkat 1 dalam The World‘s Most Liveable Cities (kota paling nyaman untuk ditinggali). Ibukota dari Provinsi British Columbia ini adalah Victoria yang terletak di Pulau Vancouver yang merupakan rangkaian Kepulauan Arctic Kanada di Nunavut dan Teritori Kanada Barat Laut. Kota pelabuhan Victoria dikenal sangat kaya akan sejarah, kebudayaan, dan kesenian. 

Whistler. Tempat yang dipilih sebagai tuan rumah dalam ajang olahraga bergengsi Olimpiade Musim Dingin 2010 ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi Anda penggemar olahraga ekstrem.

Toronto dan Calgary. Toronto adalah ibukota Provinsi Ontario yang merupakan kota terbesar di Kanada. Daerah industrial makanan dan minuman, festival tahunan, dan institusi terkenal dunia berada di sini. Toronto juga menduduki posisi ke-4 dalam The World‘s Most Liveable Cities. Kanada memang sangat nyaman untuk ditinggali, terbukti dari terpilihnya Calgary di peringkat 5 dalam The World‘s Most Liveable Cities.

Penduduk dan Budaya

Mari kita mengenal Kanada lebih dalam. Penduduk asli Kanada adalah mereka yang pertama kali tinggal di Kanada. Mereka mempunyai banyak kepercayaan spritual dan tradisi budaya yang diwariskan sacara turun-temurun, dan mereka ada di setiap wilayah di Kanada. Ada tiga golongan utama mengenai penduduk asli Kanada. Bangsa pertama (dahulu disebut Indian), orang Inuit (dahulu disebut Eskimo), dan kelompok Metis yang muncul setelah periode kolonisasi Kanada.

Kanada merupakan negara dwi bahasa. Bahasa itu adalah bahasa Inggris dan bahasa Prancis. Bahasa Prancis terutama dituturkan di Quebec, Ontario, New Brunswick, dan Manitoba selatan. Bahasa selain bahasa resmi juga penting di Kanada, dengan sekitar 5 juta jiwa yang mendaftarkan bahasa yang bukan bahasa resmi sebagai bahasa resmi. Di antara kelompok bahasa ibu yang bukan bahasa resmi terpenting ialah Tionghoa, Kantonis, Italia, dan Jerman.

Bila Anda merupakan pelajar dari Indonesia di Kanada yang beragama Islam, ada kabar gembira. Seperti yang sudah tertulis di atas, institusi terkenal pusatnya di Toronto. Di Toronto, Anda dapat menemukan Masyarakat Islam Indonesia Toronto atau yang biasa disingkat MIIT. MIIT berfungsi sebagai ajang mempererat hubungan silaturahmi sesama masyarakat muslim Indonesia di Toronto dan sekitarnya. MIIT beranggotakan masyarakat muslim asal Indonesia maupun simpatisan Indonesia yang berdiam di kota Toronto dan sekitarnya.

Seperti yang sudah disebutkan, Kanada memiliki budaya yang unik. Ada satu perayaan yang rutin dilaksanakan oleh rakyat Kanada, yaitu Thanksgiving (Hari Pengucapan Syukur). Thanksgiving adalah hari libur di Amerika Utara yang dilaksanakan dalam rangka mengucap terima kasih dan rasa syukur di akhir musim panen.  Hari Pengucapan Syukur merupakan ahri libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada hari Kamis keempat di bulan November. Di Kanada, Hari Pengucapan Syukur jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Budaya Kanada dipengaruhi besar oleh budaya dan tradisi Inggris dan Prancis sebagai akibat adanya masa kolonial dahulu. Di samping itu, budaya Kanada juga telah dipengaruhi budaya Amerika Serikat karena letaknya yang berdekatan. Meskipun begitu, budaya Kanada telah mengembangkan ciri yang unik. Dalam bayak hal, budaya Kanada-lah yang terlihat lebih jelas berkembang, terutama karena rasa kebanggaan yang meliputi warga Kanada dan didukung pemerintah yang melindungi seni dan budaya.

Masakan

Poutine. Selain doner kebab, di Kanada terdapat sebuah masakan cepat saji yang  terkenal, terutama pada orang Quebec dan Acadian. Poutine adalah sebuah makanan yang terdiri dari kentang goreng dan keju, ditambah saus kental. Keju yang dipakai biasanya sangat segar sehingga keju tetap lembek. 

Masakan Cina Kanada. Masakan ini adalah bentuk pertama makanan Cina yang tersedia secara komersial di Kanada. Masakan ini merupakan suatu gaya masakan populer eksklusif untuk rumah makan di seluruh Kanada. Gaya makanan ini telah diciptakan oleh para pendatang Kanton yang menyesuaikan resep Cina tradisional dengan cita rasa Barat. Ini biasanya memerlukan waktu masakan, ramuan dan metode persiapan terakhir agar masakan itu lebih menyenangkan dengan selera Kanada. Masakan ini dikembangkan bersama dengan versi yang mirip di Amerika Serikat.

Kanada akan meninggalkan kesan yang sangat membekas bagi siapa saja yang mengunjunginya. Bagi Anda yang akan melanjutkan studi ke sana, tak ada salahnya menjajal satu per satu tempat wisata yang ada di sana. Nah, bagi Anda yang berencana berlibur atau tour ke luar negeri, pikirkanlah perjalanan ke Kanada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s